Monday, October 31, 2005

Keinginan Hayati

lebaran sebentar lagi.
aku punya banyak salah ke orang, ke dunia, ke Tuhan; dan semestinya, orang juga banyak salah ke aku. dunia... dunia bisa punya salah nggak ya? Tuhan yang pasti nggak, karena semuanya ada hikmahnya, walaupun yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita.
kadang-kadang yang salah dari manusia adalah keinginan itu sendiri, karena keinginan mau tidak mau terkait dengan jasmani, dengan sebuah kebutuhan yang duniawi. kadang-kadang aku ingin berhenti menginginkan sesuatu, demi menyucikan diri sesaat dan mencoba memfokuskan diri kembali pada hal-hal yang penting. namun siapa juga yang menentukan hal-hal penting selain kita juga, sebagai sebuah turunan dari keinginan?

kata temanku, berhenti menginginkan dan mempasrahkan semuanya pada yang di atas, membuat hidup lebih ringan, dan kita juga cenderung lebih bahagia. tapi, kok sepertinya kalau berhenti menginginkan, kehidupan kita akan kurang makna? menempuhi jalan yang baik di mata Tuhan maupun tidak sama-sama membutuhkan keinginan dan usaha dari yang bersangkutan. Tidak ada seorang anak murid diluluskan ujian hanya karena dia rajin berdoa. Tuhan memberi pada ia yang berusaha dan bertawakal.

aku ingin semuanya ini cepat selesai, kalaupun belum bisa disebut sudah selesai.

No comments:

Post a Comment